Jumat, 09 Desember 2011

GREEN BUILDING


Konsep green building atau bangunan ramah lingkungan didorong menjadi tren dunia bagi pengembangan properti saat ini. Bangunan ramah lingkungan ini punya kontribusi menahan laju pemanasan global dengan membenahi iklim mikro.

“Poin terbesar dalam konsep ini adalah penghematan air dan energi serta penggunaan energi terbarukan,”  

Green Building dibangun dengan perencanaan energi modern. Selain dari sisi desain yang dipertimbangkan untuk meminimalkan masuknya sinar matahari sehingga mengurangi penggunaan beban Air Conditioner (AC), pada atap gedung bisa dipasang panel surya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi dalam gedung. Beberapa sudut pandang dapat dipertimbangkan dalam perencanaan tersebut diantaranya adalah aspek Passive Design, Active Design, Kondisi Udara Ruangan, Management, serta Service & Maintenance.

contoh bangunan hemat energi.


House H / Sou Fujimoto

 memang jika dilihat dari luar bangunan ini terlihat biasa tetapi jika kita perhatikan dari segi material yang digunakan dan bukaan bukaan pada bangunan. maka anda akan bekesimpulan bangunan ini minim menggunakan cahaya buatan.itu adalah salah satu penghematan. 



Kita bisa lihat dari dalam bangunan, bangunan ini sangan memanfaatkan cahaya alami, padahal bangunan ini 3 lantai, tetapi pencahayaan alami terasa hingga menembuk ke lanta dasar.

kesimpulan dari bangunan hemat energy adalah Pembangunan bangunan hemat energi dan ramah lingkungan harus murah, mudah, dan berdampak luas. Pengembangan kota hijau (green city), properti hijau (green property), bangunan hijau (green building), kantor/sekolah hijau (green school/office), hingga pemakaian produk hijau (green product) terus dilakukan untuk turut mengurangi pemanasan global dan krisis ekonomi global.

Bangunan dirancang dengan massa ruang, keterbukaan ruang, dan hubungan ruang luar-dalam yang cair, teras lebar, ventilasi bersilangan, dan void berimbang yang secara klimatik tropis berfungsi untuk sirkulasi pengudaraan dan pencahayaan alami merata ke seluruh ruangan agar hemat energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar